Apa itu Hacker?

Bagi Penulis salah satu ancaman terbesar adalah Hacker.pengertian hacker sendiri masih mendundang pro dan kontra.ada yang menyebut hacker itu yang menemukan vulnerability(kelemahan sistem),ada yang menyebut hacker itu adalah orang yang melakukan exploitasi terhadap sisitem yang mengundang kelemahan/vulnerability(hacking).contoh hacking yang umum terlihat adalah deface website(melakukan perubahan isi dari halaman situs).itulah salah satu cuplikan dari buku yang berjudul HACK ATTACK by Harianto Ruslim,CEH(certifiedethical hacker).

Ringkasnya hacker di bagi menjadi :
Blackhat
Whitehat
Grey hat

White Hat ditujukan pada mereka yang membantu menemukan vulnerability disistem komputer dan kadang juga memberikan cara untuk mengatasinya..biasanya orang2 ini tergolong ke dalam security IT.( menggunakan untuk kebaikan).

Black Hat mengacu kepada orang yang melakukan exploitasi kelemahan sistem dengan tujuan mendapatkan informasi atau data secara ilegal,atau bahkan merusak seperti melakukan deface sistem,merubah password,modifikasi database.dan berbagai serangan lainnya seperti DOS(Denial Of Service)yang membuat sistem tidak berfungsi.

Grey Hat klo dikatakan ini yang paling merusak seperti yang terdapat difilm2 Died Hard yang dapat mengendalikan pesawat,lampumerah sehingga menimbulkan kekacauan.may be hacker jenis ini kedepannya memang ada.tapi contoh yang sekarang adalah seperti pencurian ATM(carder) itu juga masuk ke bagian Grey hat.

tidak ada yang aman di dunia komputer jika ingin aman pakailah mesin ketik untuk mengetik(resiko: tangan pada benjol) atau main komputer tanpa lan itu juga masih bisa rentan ma virus..yang ada kita harus bisa hardening system komputer kita menjadi lebih baik.

Dalam dunia underground orang yang menjadi hacker biasanya melalui tahapan-tahapan seperti berikut:

1. Mundane Person
2. Lamer
3. Wannbe
4. Larva
5. Hacker

Adapun dilihat dari sisi keahliannya, terdapat dua jenis hacker yaitu:

1. Wizard
2. Guru

Karakter hacker itu sendiri dibagi menjadi dua yang lebih condong mengarah kepada sifat cracker yaitu:

1. Dark-side Hacker
2. Malicious Hacker

Meskipun berdasarkan tahapannya Hacker sendiri merupakan tingkatan tertinggi, tetapi sebenarnya tidak mudah mengatakan bahwa Hacker merupakan tahapan paling akhir atau final karena selalu saja ada sesuatu hal baru untuk dipelajari atau ditemukan oleh seorang. Sehingga kemampuan seorang hacker satu dengan hacker lainnya pun bisa berbeda-beda.

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif(penghancuran, kadang mereka melakukan untuk melumpuhkan lawan sehingga persaingan bisnis bisa tak terkalahkan), biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data.dan juga jenis ini bisa tergolong dalam hacker yang bersifat grey hat & black hat yang membedakan adalah cara kerjanya. cracker lebih condong ke crack suatu lisensi,serial,password dan kode2 tertentu yg enscrypted.

nah dari situ kita tau apa itu hacker?semoga bisa menambah wawasan anda terima kasih

sumber:
Hack Attack Book by Harianto Ruslim,CEH
Kamus Komputer & Teknologi Informasi Book

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s